Social Icons

Pages

Atasi Flu Bayi & Balita Dengan Perawatan Dasar di Rumah

Ahh.. musim hujan datang lagi, tapi musim hujan sekarang bukan musim hujan yang full hujan seharian, tapi biasanya diiringi dengan cuaca panas pada siang harinya. Cuaca ekstrim begini biasanya penyakit ikutan ekstrim juga, dan yang paling bikin galau mak kalau anaknya yang sakit. Liat matanya merah, bersin-bersin, gelisah saat tidur, duh patah hati internasional dan nasional mah lewat, galau super maksimal pastinya. Tapi tunggu, jangan panik jika itu hanya flu, yuk kita atasi (berubah dengan kostum putih bermasker) 
Flu atau Influenza, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari familia Orthomyxoviridae, (wikipedia). Jadi karena penyebabnya virus, penyembuhannya ya ala virus juga nggak perlu antibiotik. Lha iya virus dilawan sama bakteri, ya nggak ketemu (fiuhh..). Jadi gimana mengatasinya? Yuk dicoba tips mak berdasarkan pengalaman pribadi, keilmuan dan konsultasi ahli di kala panik: 
  1. Berikan asupan cairan terutama jika berlanjut demam, ingat demam bukan sakit tapi gejala dari penyakit, pada saat flu berarti antibodi sedang berusaha melawan benda asing yaitu virus yang masuk ke tubuh, pemberian cairan dapat mengurangi panas tubuh. Nggak mesti wajib air putih, bisa ASI, susu, kuah kaldu hangat, dan lain-lain, asal jangan es sirup tapi (yaiyala..hihi)
  2. Dapat dengan membantu melegakan pernafasan dengan memberikan balsem khusus bayi atau bisa juga dengan ramuan tradisional, kalau mak andalannya adalah baluran minyak bawang merah yang diiris-iris dan dicampur minyak kayu putih, oles deh tiap sebelum tidur. Jika hidung tersumbat dapat berikan obat tetes hidung dibantu dengan uap panas yang ditetesi minyak esensial (ex: purebaby) atau kayu putih.
  3. Jika anak demam, berikan kompres hangat, berikan baju tipis, pantau terus suhunya, jika di atas 38 derjat celcius atau anak sangat rewel dapat berikan obat penurun panas sesuai dosis dan berat badannya. Mak biasa selalu sedia Paracetamol drop dirumah. Tapi jika panasnya makin tinggi, apalagi melebihi 40 derjat, segera bawa ke rumah sakit ya, waspada juga panas pada anak dengan riwayat kejang.
  4. Jemur matahari pagi, ini membantu proses penyembuhan sekaligus bikin hangat si anak, tapi jangan lebih dari jam 9 pagi ya, dan nggak boleh lebih dari 10 menit. 
  5. Istirahat yang cukup, nah sebenarnya inilah obat yang paling baik untuk setiap penyakit, tapi namanya anak-anak susah banget pastinya disuruh istirahat, selagi masih bisa berdiri bawaannya main mulu, kalau sudah begini mak terpaksa mengisolasi si anak dari dunia luar (hehehe). Jadi jika mau main ya main dirumah saja, usahain juga nggak terlalu lelah. 
  6. Flu demam akibat virus biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam 4-5 hari. Jika dalam seminggu flu belum sembuh atau batuk lebih dari 2 minggu segera bawa ke dokter ya. 
Flu memang menjadi penyakit yang paling sering di alami anak karena virus ini menyebar dengan cepat melalui udara. Jadi yang paling utama adalah menjaga daya tahan tubuh anak dengan asupan makanan yang baik serta istirahat yang cukup. Dan yang paling penting jauhi anak kita dari yang namanya asap rokok, baik itu dirumah maupun dimanapun. 
Terus anak di bawah 2 tahun sebaiknya dibatasi mengkonsumsi obat-obatan, kecuali atas saran dokter dan sesuai dengan kebutuhannya, terutama antibiotik. Kesalahan dalam mengkonsumsi antibiotik dapat berakibat fatal, apalagi bagi anak-anak. Jadilah mak yang bijak karena dokter pertama bagi anak adalah mak nya (kecup mak). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates